PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IMIA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 BANJARMASIN.

Fatmawati, Fatmawati PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IMIA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 BANJARMASIN. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_p061.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Banjarmasin pada bulan Januari 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 286 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sebanyak 34 siswa dan X-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berupa tes pilihan ganda (objektif). Analisis data postes kedua kelompok menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung sebesar 5,9035 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,000, maka thitung>ttabel. Maka dapat disimpulkan menolak Ho dan Ha diterima, yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Dec 2018 01:45
Last Modified: 19 Dec 2018 01:45
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item