SELF-MONITORING MELALUI KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 10 BANJARMASIN

Normainah, Normainah and Jarkawi, Jarkawi and Heiriyah, Ainun SELF-MONITORING MELALUI KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 10 BANJARMASIN. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_p052.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Bimbingan Konseling bagian dari program pendidikan untuk membantu peserta didik mencapai perkembangan yang optimal. Guru BK harus menyesuaikan setiap masalah dengan cara atau strategi untuk membantu permasalahan peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Self- Moitoring melalui Konseling Individual untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa SMP Negeri 10 Bajarmasin. Hipotesis dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar dapat ditangani dengan strategi self-monitoring melalui konseling individual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitatif dengan menggunakan rancangan Pre-Eksperimental Designs dalam bentuk Pretest-posttest group. Design ini untuk mengetahui hasil perlakuan dengan lebih akurat maka dalam penelitian ini melakukan 2 kali observasi (pengukuran) yaitu membandingkan keadaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Hasil penelitian yang didapatkan peneliti Hasil pre test sampel menunjukan presentase rata-rata keaktifan belajar sebelum mengikuti Strategi Self-monitoring melalui Konseling Individual sebesar 63% yang termasuk dalam kategori terendah. setelah mendapatkan treatment mengalami peningkatan dan masuk dalam kategori tinggi . hasil post test menunjukkan persentase rata-rata keaktifan belajar setelah mengikuti perlakuan berupa Strategi self-monitoring melalui konseling individual adalah sebesar 316% yang termasuk dalam ketegiri tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat perubahan yang positif yaitu berupa meningkatnya keaktifan setelah diberi perlakuan startegi self-monitoring melalui konseling individual. Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Konseling Individual, Self-Monitoring

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Guidance and Counseling
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Dec 2018 01:44
Last Modified: 19 Dec 2018 01:44
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item View Item