Husna, Lailatul PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX DI MTs. NURUL FALAH JUAI KABUPATEN BALANGAN. uniska. (Unpublished)
|
Text
ABSTRAK_p050.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah tingkat minat belajar siswa yang rendah, di sebabkan oleh belajar yang tidak teratur, tidak disiplin dalam belajar, tidak tahu bagaimana cara berkonsentrassi dalam belajar, mengabaikan masalah pengaturan waktu dalam belajar, dan kurang semangat. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini adalah melalui layanan bimbingan kelompok. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahuui apakah minta belajar siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dan bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IX di MTs. Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs. Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan.Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purpusive sampling sehingga diperoleh jumlah sempel dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa.Variabel yang digunakan yatiu layanan bimbingan kelompok sebagai variabel bebas, yang dilambangkan dengan (X) dan dan problema rendahnya minat belajar siswa sebagai variabel terikat yang dilambangkan dengan (Y). Uji validitas instrument menggunakan korelasi producct moment, dan di lanjutkan uji reabilitas dengan menggunkan rumus Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IX MTs. Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan. Tingkat minat belajar siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok ratarata tingkat minat belajar siswa berada pada kategori rendah dengan persentase 43%, dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok minat belajar siswa meningkat, masuk dalam kategori tinggi dengan persentase 83%. Pengujian hepotesis menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkant-hitung (- 17,618 < 2,821). Dengan ata lain dapat dinyatakan bahwa hepotesis nihil (Ho) yang berbunyi “tidak ada pengaruh layanan bimingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IX MTs. Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan”, ditolak sedangkan hepotesis kerja (Ha diterima) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IX MTs. Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan”. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Minat Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Guidance and Counseling |
Depositing User: | Unnamed user with username wahid asisten wr 1 |
Date Deposited: | 19 Dec 2018 01:44 |
Last Modified: | 19 Dec 2018 01:44 |
URI: | http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/77 |
Actions (login required)
View Item |