PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA YANG MENGALAMI KURANG MOTIVASI BELAJAR DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SMPN 3 BANJARBARU

Apriyanty, Dian PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA YANG MENGALAMI KURANG MOTIVASI BELAJAR DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SMPN 3 BANJARBARU. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_p046.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Broken home biasanya digunakan untuk menggambarkan keluarga yang tidak harmonis dan tidak berjalan layaknya keluarga yang rukun dan sejahtera akibat sering terjadi konflik yang menyebabkan pada pertengkaran yang bahkan dapat berujung pada perceraian. Hal ini akan berdampak besar terhadap suasana rumah tangga yang tidak lagi kondusif, orang tua tidak lagi perhatian terhadap anak-anaknya sehingga memicu perilaku negatif pada perkembangan khususnya dalam psikologis anak. Penelitian layanan bimbingan konseling individual terhadap siswa broken home ini bertujuan untuk mengetahui peran layanan konseling individual dari siswa yang Broken Home, serta untuk mengetahui cara siswa dapat memperoleh motivasi dalam belajarnya di sekolah. Penelitian ini adalah tipe wawancara.Wawancara yang digunakan dalam penelitian bersifat semu struktur. Adapun tujuan dari wawancara jenis ini adalah untuk menemukan permasalahan secara lebih terbuka, dimana pihak yang diajak wawancara diminta pendapat dan ide-idenya (Sugiyono,2007). Teknik analisis data yang dilakukan pada kegiatan analisis dalam penelitian ini berfokus pada saat proses pengumpulan data berlangsung yang berupa: reduksi, display data, kesimpulan/verifikasi miles and huberman. Hasil dari penelitian ini adalah siswa yang Broken Home agar mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi pada dirinya sendiri, selain itu hendaknya tidak melakukan perbuatan-perbuatan negatif yang dapat merugikan dirinya sendiri dan masa depan, serta disarankan belajar dengan tekun dan rajin sehingga dapat meningkatkan motivasi dirinya untuk berprestasi. Bagi Guru Bimbingan dan Konseling disekolah yang bersangkutan agar memberikan perhatian dan bimbingan yang lebih serius kepada siswa dari keluarga Broken Home sebagai dorong dan motivasi belajar agar mendapatkan prestasi yang lebih baik. Kata Kunci: Broken Home, Konseling, Dan Motivasi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Guidance and Counseling
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Dec 2018 01:44
Last Modified: 19 Dec 2018 01:44
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item View Item