ANALISIS KEBIJAKSANAAN PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. PUTRA BORNEO LESTARI BANJARMASIN

Febriana, Dian and Zainul, Mohammad and Hadini, Muhammad (2019) ANALISIS KEBIJAKSANAAN PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. PUTRA BORNEO LESTARI BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan.

[img] Text
15310210.pdf

Download (271kB)

Abstract

PT. Putra Borneo Lestari adalah suatu perusahaan perseorangan yang bergerak di sekitar industri yang di mana hasil produksinya bertujuan untuk memproduksi produk-produk kualitas Internasional dengan harga ekonomis. PerusahaanPutra Borneo Lestari ini adalah anak perusahaan dari PT. Cahaya Sakti Multi Intraco didirikan pada tahun 1983 di Bogor, Indonesia. Selama beberapa puluh tahun terakhir perusahaan ini telah berkembang dari sebuah industri rumah kecil menjadi pemimpin pasar yang memperkerjakan ribuan orang, sedangkan perusahan PT. Putra Borneo Lestari adalah salah satu cabang perusahaan yang didirikan di Banjarmasin Lokasi dan letak Perusahaan Putra Borneo Lestari ini berloksi di Jln. H.Soebarjo Kel. Basirih Selatan Kec. Banjarmasin. Km 3. Blok 1A No 9. Usaha penjualan produk yang dilaksanakan oleh perusahaan PT. Putra Borneo Lestari. Selama ini tidak memenuhi target, tetapi cenderung tetap bertahan sampai saat ini. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :Kurangnya usaha promosi,Promosi yang dilakukan menggunakan personal selling, Kurang dikenalnya nama perusahaan oleh masyarakat, Tidak adanya antisipasi pesaing, Kurang luasnya daerah pemasaran, Terbatasnya dana / anggaran untuk kegiatan promosi, Saluran distribusi yang sangat kurang panjang untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas, maka perusahaan seharusnya mengambil kebijaksanaan promosi yang efektif dan sesuai dengan dana yang dimiliki. Selain itu peusahaan juga perlu mengevaluasi kegiatan - kegiatan promosi yang pernah dilaksanakan yaitu personal selling, pemasaran langsung dan saluran distribusi langsung. Ketiga bentuk promosi diatas oleh perusahaan belum dilaksanakan secara maksimal, sehingga tidak banyak mempengaruhi bagi peningkatan volume penjualan. Selain itu untuk meningkatkan penjualan yang merupakan tujuan jangka panjang perusahaan , maka penting bagi perusahaan untuk menambah kegiatan promosi yang relative murah dan efektif yaitu melalui periklanan dengan media papan nama, reklame dan saluran distribusi lebih di perpanjang menjadi saluran distribusi pendek. Dengan demikian perusahaan diharapkan mencapai tujuan secara cepat dan merata serta dikenal oleh konsumen,sehingga volume penjualan dapat terus naik sebagai bentuk peranan promosi bagi peningkatan penjualan. Untuk mengatasi masalah yang di hadapi perusahaan perlu melakukan revisi (perbaikan) terhadap promosi yang telah dilakukan dan menambah dana dan kegiatan promosi dalam bentuk lain yang relative lebih murah, efektif, dan efesien, serta menambah saluran distribusi agar dapat membawa keuntungan yang optimal bagi perushaan, yang salah satunya adalah meningkatkan penjualan sehingga peranan promosi bias lebih mampu mengusahakan lagi meningkatnya volume penjualan yang merupakan tujuan jangka panjang perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: mr dwi ridho Indirwan
Date Deposited: 16 Oct 2019 02:44
Last Modified: 16 Oct 2019 02:44
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item View Item