ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLI SPESIALIS RUMAH SAKIT TK III DR R SOEHARSONO

Hairullah, Hairullah and Syahrani, Syahrani and Artiningsih, Dwi Wahyu (2019) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLI SPESIALIS RUMAH SAKIT TK III DR R SOEHARSONO. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan.

[img] Text
15310143.pdf

Download (225kB)

Abstract

Masalah yang diteliti menyangkut kualitas pelayanan yang di ukur dengan indikator kehandalan(reliability), dayatanggap (responsiveness), jaminan (Assurance), empati (emphaty), berwujud (tangibles) pada Rumah Sakit Tk III Dr R Soeharsono banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di Rumah Sakit Tk III Dr R Soeharsono pada tahun 2019 yang berjumlah 41.276 orang. Menurut Arikunto (1998:120) “apabila populasi yang diteliti kurang dari 100 maka sampel yang diambil semua, tetapi apabila populasi lebih dari 100 maka sampel yang diambil adalah sebesar 10% - 15 %”. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah sebanyak 100 orang.Metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriftif. Metode ini di gunakan untuk mengetahui gambaran tentang kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pasien di Rumah Sakit Tk III Dr R Soeharsono banjarmasin. Hasil dari penelitian isi sudah cukup baik akan tetapi perlu di perhatikan lagi dari lima dimensi kualitas pelayanan karena ada sebagian responden menyatakan netral dan tidak setuju dengan pelayanan yang di berikan pihak r Rumah Sakit Tk III Dr R Soeharsono Banjarmasin dilihat dari aspek reliability (kehandalan) yaitu dokter, perawat dan petugas rumah sakit datang tepat waktu, dari aspek responsiveness (daya tanggap) yaitu dokter memberikan waktu untuk berkonsultasi dan memberikan penjelasan solusi pengobatan terhadap masalah pasien dan dari aspek tangibles (berwujud) yaitu lokasi parkir yang tersedia di rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: mr dwi ridho Indirwan
Date Deposited: 08 Oct 2019 05:41
Last Modified: 08 Oct 2019 05:41
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item