PENGARUH TIPS DAN TRIK DALAM PERENACANAAN KARIR MELALUI LAYANAN INFORMASI KEPADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 BANJARMASIN

Siswanto, Adi (2019) PENGARUH TIPS DAN TRIK DALAM PERENACANAAN KARIR MELALUI LAYANAN INFORMASI KEPADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan.

[img] Text
12220240.pdf

Download (362kB)

Abstract

Tidak jarang kita mendengar remaja mengeluh hari depannya suram , tidak jelas, dimana akan bekerja, profesi apa yang cocok baginya dan sebagainya. Permasalahan diatas seringkali kita temukan di sekolah khususnya di SMA, Seperti yang telah terjadi di sekolah SMA Negeri 4 Banjarmasin, guru BK mengatakan masih banyak siswa yang masih kebingungan dalam menentukan jurusan dan karir atau pekerjaan apa yang dipilih nanti untuk masa depannya, ini disebabkan kurangnya atau tidak pernah guru BK memberikan layanan informasi tentang karir kepada siswa. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pemahaman tentang perencanaan karir siswa kelas XI sebelum dan sesudah layanan informasi yaitu pemberian tips dan trik perencanaan karir. Hal ini terbukti kebenarannya dari hasil tes awal ( Pre Test ) dengan rata – rata 129,12 meningkat setelah diberi Treatment melalui layanan informas dengan memberikan tips dan trik perencanaan karir yang kemudian dilakukan tes akhir ( Post Test ) dengan rata – rata 139,72. Maka perbedaan tes awal dengan tes akhir sebesar 10,6. Dengan demikian layanan informasi dengan pemberian tips dan trik perencanaan karir dapat dijadikan sarana yang sangat efektif dalam menentukan perencanaan karir siswa kelas XI SMA Negeri 4 Banjarmasin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Guidance and Counseling
Depositing User: mr dwi ridho Indirwan
Date Deposited: 12 Oct 2019 05:43
Last Modified: 12 Oct 2019 05:43
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item