ANALISIS STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. MARTINA BERTO DI BANJARMASIN

Sari, Nur Maya (2019) ANALISIS STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. MARTINA BERTO DI BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan.

[img] Text
15310046.pdf

Download (156kB)

Abstract

Martina Berto merupakan perusahaan yang memproduksi kosmetik dan jamu yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. PT. Martina Berto mengalami pertumbuhan penjualan yang pesat mulai tahun 1995. Hal ini tak lepas dari strategi promosi yang telah dilakukan oleh PT. Martina Berto. Sebagai perusahaan yang sedang berkembang, PT. Martina Berto menghadapi persaingan yang cukup ketat dengan perusahaan kosmetik lainnya, sehingga menjadikan konsumen sulit dalam mengambil tindakan untuk menggunakan produk dari perusahaan-perusahaan kosmetik. Agar PT. Martina Berto dapat bertahan dan berkembang harus dapat menciptakan strategi promosi dalam hal memasarkan produknya guna menarik perhatian dan minat dari konsumen. Seperti halnya menambah jalur distribusi, yaitu: membentuk format Star Outlet, yaitu gerai yang menjadi agen potensial bagi gerai-gerai kecil yang tersebar di wilayahnya agar menjadi running outlet yang lebih aktif serta meningkatkan peran digital marketing baik melalui retail online trading Martha Tilaar Shop serta promosi melalui sosial media. Dari strategi promosi yang telah dijalankan tersebut dapat terlihat bahwa PT. Martina Berto berusaha untuk mengenalkan produk yang diproduksi kepada konsumen di berbagai wilayah agar dapat meyakinkan para konsumen untuk menggunakan produk yang diproduksi oleh PT. Martina Berto. Berdasarkan dari hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan Strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Martina Berto dalam meningkatkan penjualan yaitu dengan pengembangan merek dengan cara ’brand positioning’ yang berbeda-beda baik secara demografis maupun psikografis, membentuk format Star Outlet, yaitu gerai yang menjadi agen potensial bagi gerai-gerai kecil yang tersebar di wilayahnya agar menjadi running outlet yang lebih aktif, menggunakan Twitter dan Facebook Fans Page untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat dan juga meningkatkan peran digital marketing melalui retail online trading Martha Tilaar Shop serta menjadi sponsor sebuah acara maupun kegiatan sosial, dengan harapan agar produknya akan digunakan masyarakat. Kata Kunci : Strategi Promosi, Penjualan, PT. Martina Berto ABSTRACT PT. Martina Berto is a company that manufactures cosmetics and herbs based in Jakarta, Indonesia. PT. Martina Berto experienced rapid sales growth starting in 1995. This was inseparable from the promotion strategy carried out by PT. Martina Berto. As a developing company, PT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: mr dwi ridho Indirwan
Date Deposited: 03 Oct 2019 02:54
Last Modified: 03 Oct 2019 02:54
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item