Rahman, Taufik ANALISIS PENGEMBALIAN KREDIT USAHA MIKRO (KUM) PADA PT. BRI (Persero) Tbk CABANG BANJARMASIN SAMUDERA. uniska. (Unpublished)
|
Text
ABSTRAK_p005.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Pengendalian piutang dagang yang baik dan benar sangat penting sekali bagi perusahaan yang melakukan pinjaman kred it, karcna dengan pengendalian piutang dagang yang tepat diharapkan, tingkat perputaran piutang PT. BRI (Persero; Tbk. Cabang Banjarmasin Samudera semakin cepat. Perputaran piutang dagang yang semakin lambat an tar a tahun 2012 ampai dengan tahun 2015 menunjukkan bahwa tingkat perputaran piutang PT. BRI (Persero; Tbk. Cabang Banjarmasin Samudera kurang baik, tersebut akan berpengaruh pada kebijaksanaan pinjaman kredit yang diterapkan Pengendalian dapat dilakukan dengan cara, yaitu : (1). Melakukan penyaringan pelanggan dengan seleksi klasifikasi nasabah, (2). Menetapkan ketentuan kredit, (3). Pemisahan fungsi, (4). Praktek yang sehat, dan (5). Analisis piutang. Kebijaksanaan perusahaan daiam pengumpulan piutang secara aktif dilakukan oleh PT. BRI (Persero; Tbk. Cabang Banjarmasin Samudera. Sebaiknya PT. BRI (Persero; Tbk. Cabang Banjarmasin Samudera membuat antisipasi atas piutang tak tertagih yaitu dengan membuat cadangan kerugian piutang atas piutang tidak tertagih pada nasabah. Walaupun hasil pinjaman kredit menunjukkan peningkalan, namun perusahaan juga harus mengantisipasi berbagai faktor yang bisa menghambat pencairan piutang dagang sehingga piutang tertunda dapat diperkecil. Langkah-langkah yang dapat diambil oleh pihak PT. BRI (Persero; Tbk. Cabang Banjarmasin Samudera dalam usaha memperkecil resiko tidak tertagihnya piutang atas pinjaman kredit kepada nasabah adalah sebagai berikut: (1). Menentukan batas jumlah pengambilan kredit, (2). Menentukan batas waktu pembayaran, (3). Pihak PT. BRI (Persero; Tbk. Cabang Banjarmasin Samudera harus dengan aktif dalam hal pengumpulan piutang, (4). Pihak PT. BRI (Persero; Tbk. Cabang Banjarmasin Samudera harus menyeleksi nasabah yang ingin melakukan pinjaman uang secara kredit. (5). Memberikan pendidikan tambahan secara professional kepada tenaga penjual dan surveyor. (6) Memberikan pelatihan dan studi banding tenaga surveyor terhadap perusahaan sejenis yang telah bonafid.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Undergraduate Theses > Faculty of Economics > Department of Management |
Depositing User: | Unnamed user with username wahid asisten wr 1 |
Date Deposited: | 19 Dec 2018 01:40 |
Last Modified: | 19 Dec 2018 01:40 |
URI: | http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/35 |
Actions (login required)
View Item |