POLA PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG KAKILIMA (STUDI KASUS PADA PASAR BATUAH MARTAPURA)

Abidin, Zainal POLA PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG KAKILIMA (STUDI KASUS PADA PASAR BATUAH MARTAPURA). uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Zainal Abidin.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan etika bisnis islam pada pedagang kaki lima di pasar Martapura.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pandangan Islam terhadap etika dalam berbisnis, serta mengamati pola penerapan etika bisnis Islam pada pedagang kaki lima di pasar Batuah Martapura. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran dan keterangan-keterangan mengenai pola penerapan etika bisnis Islam pada pedagang kaki lima (studi kasus pasar Batuah martapura). Kemudian dilakukan analisis mengenai permasalahan tersebut. Guna memperoleh data yang akurat penulis melakukan wawancara dengan para pedagang kaki lima dan observasi ke pasar Batuah Martapura. Melalui penelitian ini diperoleh bahwa Berdasarkan hasil kuesioner (angket) para pedagang kaki lima sudah menerapkan etika bisnis Islam yang sesuai dengan sifat Rasulullah SAW yaitu Shiidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah pada kegiatan usaha mereka. Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, penerapan, Pedagang Kaki Lima

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Islamic Studies > Department of Sharia Economics Law
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Dec 2018 01:40
Last Modified: 19 Dec 2018 01:40
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item