PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN ORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MAN 1 BANJARMASIN.

Rahim, Abdul PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN ORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MAN 1 BANJARMASIN. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_p060.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan tanggapan siswa dan guru terhadap modul larutan penyangga berbasis problem based learning (PBL) dengan orientasi chemo-entrepreneurship (CEP) yang dikembangkan. Penelitian ini dirancang dengan desain Research and Development. Desain ini menggunakan desain yang diadaptasi dari model pengembangan pengajaran yang didesain Borg and Gall. Penelitian ini bermanfaat sebagai referensi dalam pembelajaran kimia yang mampu menumbuhkan minat wirausaha dan meningkatkan pemahaman konsep siswa. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MAN 1 Banjarmasin. Uji coba skala kecil dilakukan pada kelas XI MIA 11 dan XI MIA 2 secara acak 10 siswa yang sudah mempelajari materi larutan penyangga lebih dulu. Uji coba skala besar dilakukan pada kelas XI MIA 3 sebanyak 39 siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentuan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa modul memperoleh rerata skor validasi sebesar 3,24 sehingga dinyatakan valid atau layak, modul dinyatakan efektif karena penumbuhan minat wirausaha siswa dalam kriteria tinggi dengan skor 3,10 dan peningkatan pemahaman konsep siswa sebesar 0,62 dalam kriteria sedang. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa modul dinyatakan mendapat respon baik dari penggunanya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa modul larutan penyangga berbasis problem based learning (PBL) dengan orientasi chemo-entrepreneurship (CEP) dinyatakan valid, efektif, dan dapat diterima dengan baik oleh pengguna sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa yang mampu meningkatkan pemahaman konsep dan menumbuhkan minat wirausaha siswa. Kata Kunci: Modul Pembelajaran Kimia, Penelitian Pengembangan, Larutan penyangga, Problem Based Learning (PBL), Chemo-Entrepreneurship (CEP).

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Dec 2018 01:45
Last Modified: 19 Dec 2018 01:45
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item