PENGARUH MEDIA GAME MONOPOLY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI KELAS X SMA KORPRI BANJARMASIN

Isna, Isna PENGARUH MEDIA GAME MONOPOLY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI KELAS X SMA KORPRI BANJARMASIN. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_p059.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Kunci: Media Game Monopoly, Motivasi belajar siswa Penelitian ini dilaksanakan di SMA KORPRI Banjarmasin dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi belajar siswa pada materi pokok minyak bumi melalui media game monopoly.Penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif yang bersifat eksperimen semu (quasi-experiment reseach). Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA KORPRI Banjramsin yang terdiri dari dua kelas yaitu X 3 (kelas kontrol) dan X 4 (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket motivasi) dan dokumentasi. Dari hasil analisis data melalui perhitungan manual dengan uji Mann Whitney (U Test) didapatkan Zhitung = 1,90 > Ztabel = 1,645. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media game monopoly terhadap peningkatan motivasi belajar siswa materi minyak bumi melalui game monopoly. Uji ini diperkuat dengan pencapaian indikator motivasi belajar siswa dengan persentasi kesluruhan siswa 4,7 % yang menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas eksperimen (X-I) yang melaksanakan pembelajaran media game monopoly tergolong baik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Dec 2018 01:44
Last Modified: 19 Dec 2018 01:44
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item