IMPLEMENTASI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 10 BANJARMASIN

Rahma, Yulia IMPLEMENTASI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 10 BANJARMASIN. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_p058.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa dengan menggunakan media permainan ular tangga. penelitian ini menggunakan metode Pre-tes Post-test Control Group Design dengan penelitian diambil dua kelas yaitu, pada kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan X-4 sebagai kelas eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X semester genap SMA Negeri 10 Banjarmasin tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian pada materi tata nama senyawa kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga dengan yang tidak menggunakan media permainan ular tangga yaitu thitung> ttabel (4.792 > 2.000) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa yang menggunakan media permainan ular tangga. Hal ini membuktikan bahwa implementasi media pemainan ular tangga pada materi tata nama senyawa efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Dec 2018 01:44
Last Modified: 19 Dec 2018 01:44
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item View Item