ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMASANGAN IKLAN PADA PT. RADIO SWARA MAIDA ARTANUSA BANJARMASIN

Nashufi, Akhmad Fauzan and Vitria, Aida and Risnawati, Risnawati (2019) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMASANGAN IKLAN PADA PT. RADIO SWARA MAIDA ARTANUSA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan.

[img] Text
15310096.pdf

Download (309kB)

Abstract

Perusahaan PT. Radio Swara Maida Artanusa Banjarmasin adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyiaran jasa radio swasta yang berlokasi di Jalan edung H.J Djok Mentaya Lantai 5, No.16 Antasan Besar Banjarmasin. Perusahaan ini menghadapi masalah yaitu tidak stabilnya omset dari tahun ke tahun. Penelitian ini mengambil beberapa strategi pemasaran yang digunakan perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang terdiri dari data kualitatif. Data primer bersumber dari hasil wawancara yang dilakukan kepada pimpinan perusahaan dan karyawaan, sedangkan data sekunder bersumber dari data yang ada diperusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan pada PT. Radio Swara Maida Artanusa Banjarmasin. Melalui analisis ini dapat diketahui apa saja strategi pemasaran yang sudah dilakukan oleh perusahaan dan bagaimana pula strategi yang tepat seharusnya dilakukan. Sehingga dengan tepatnya strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan nantinya akan dapat meningkatkan omset penjualan perusahaan. Hasil yang didapat dari penelitian mengenai omset penjualan yang tidak stabil pada PT. Radio Swara Maida Artanusa Banjarmasin yaitu terkendala oleh strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Radio Swara Maida Artanusa Banjarmasin adalah strategi Fokus dengan nilai terbaik (best- value focus). Dimana PT. Radio Swara Maida Artanusa Banjarmasin menawarkan program-program yang terbaik kepada pendengar, dimana pendengar tidak akan mendapatkannya di radio lainnya. Strategi ini merupakan sebuah metode yang dilakukan secara sinergi dan berkelanjutan oleh perusahaan guna mendukung pendapatan perusahaan melalui iklan dalam menyediakan siaran-siaran kepada masyarakat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab terjadinya omset penjualan yang tidak stabil pada perusahaan adalah kurang berkembangnya strategi yang digunakan selama ini, dimana strategi yang dilakukan hanya berpatok pada strategi-strategi terdahulu yang mana strategi-strategi tersebut dilakukan secara berulang-ulang tanpa ada penambahan strategi yang baru serta adanya persaingan dari radio-radio swasta yang lain. Dalam hal promosi program-program yang dimiliki PT. Radio Swara Maida Artanusa Banjarmasin sangat kurang efektif, sehingga peminat untuk beriklan lebih memilih media lain sebagai wadah promosi iklan produk yang mereka miliki

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: mr dwi ridho Indirwan
Date Deposited: 12 Oct 2019 05:43
Last Modified: 12 Oct 2019 05:43
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item View Item