KINERJA PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN ANJIR PASAR KAB. BARITO KUALA

Najmi, Rizky (2018) KINERJA PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN ANJIR PASAR KAB. BARITO KUALA. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
14120026.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala, (2) Faktor pendukung dan penghambat pelayanan di Kantor Kecamatan Anjir Pasara Kabupaten Barito Kuala. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala sudah diterapkan dimensi Tangibel, Realiability, Responsiviness, Assurance dan Emphaty beserta indikatornya. Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat, antara lain ketidaknyamanan tempat pelayanan termasuk sarana dan prasarana yang belum lengkap, belum ahlinya pegawai dalam menggunakan alat bantu pelayanan, dan ketidakramahan pegawai dalam proses pelayanan. (2) Faktor penghambat pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala adalah kurangnya sumber daya manusia dan masih kurangnya sarana prasarana. Sedangkan faktor pendukungnya adalah semangat yang diberikan pegawai satu sama lain, mengadakan rapat koordinasi atau semacam evaluasi setiap tiga bulan kemudian memberikan penanaman kesadaran melayani masyarakat dengan ikhlas dan sesuai dengan hati nurani. Faktor pendukung lain adalah adanya fasilitas berupa alat bantu untuk memudahkan proses pelayanan. Kata Kunci : Kinerja, Pelayanan Publik

Item Type: Article
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Feb 2019 05:51
Last Modified: 19 Feb 2019 05:51
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item