EKSISTENSI PIMPINAN MENCIPTAKAN IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI PERUSAHAAN (Studi Kasus Perusahaan PT. Mitrabahtera Segara Sejati Tbk)

NINGSIH, RISDATUL (2018) EKSISTENSI PIMPINAN MENCIPTAKAN IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI PERUSAHAAN (Studi Kasus Perusahaan PT. Mitrabahtera Segara Sejati Tbk). uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
14110099.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Eksistensi Pimpinan Menciptakan Iklim Komunikasi Organisasi Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan PT. Mitrabahtera Segara Sejati Tbk). Skripsi Pada Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politk Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Albanjari, Banjarmasin 2018. Pimpinan merupakan syarat bagi berlangsungnya kehidupan kelompok atau organisasi yang sehat, sesuai dengan tujuan terbentuknya kelompok atau organisasi. Pimpinan sangat dibutuhkan untuk memberikan pengarahan terhadap usaha-usaha semua pekerja dalam mencapai tujuan organisasi. Tanpa Pimpinan, hubungan antara tujuan perseorangan atau tujuan organisasi mungkin menjadi renggang. Oleh karena itu, pimpinan dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk menciptakan iklim organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya pimpinan dalam menciptakan iklim komunikasi organisasi perusahaan Perusahaan PT. Mitrabahtera Segara Sejati Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terhadap informan yang dianggap relevan dan mengetahui permasalahan yang terjadi di Perusahaan PT. Mitrabahtera Segara Sejati Tbk. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pertama, pengetahuan informan mengetahui tentang komunikasi dan kepemimpinan, dapat menjelaskan dengan benar pengertian dari komunikasi dan pimpinan. Kedua, dimensi supportiveness telah dilakukan oleh pimpinan Perusahaan PT. Mitrabahtera Segara Sejati Tbk, sehingga ada komunikasi yang baik antara pimpinan dan karyawan. Ketiga, dimensi partisipasi belum dilakukan dalam kegiatan formal, sehingga karyawan kurang merasa dilibatkan dalam keputusan perusahaan. Keempat, dimensi kepercayaan telah dilakukan dengan baik oleh pimpinan, hal ini ditunjukkan oleh tingkat kepercayaan yang tinggi dari karyawan kepada pimpinannya. Kelima, dimensi Keterbukaan, masih bersifat situasional pada permasalahan yang perlu melibatkan karyawan dan dianggap penting untuk diketahui oleh karyawan. Keenam, dimensi tujuan kinerja, pimpinan telah memberikan pemahaman yang baik tentang pekerjaan kepada karyawan, serta telah mampu memberikan contoh yang baik kepada karyawan dalam bekerja. Ketujuh, gaya kepemimpinan yang diterapkan di Perusahaan PT. Mitrabahtera Segara Sejati Tbk adalah gaya kepemimpinan demokratis. Kata kunci: Pimpinan dan Iklim Komunikasi

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Feb 2019 05:50
Last Modified: 19 Feb 2019 05:50
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item