KOMUNIKASI PERSUASIF DUTA LINGKUNGAN HIDUP DALAM MENINGKATKAN GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN PADA PROGRAM BANK SAMPAH DI BANJARMASIN

Setiadi, Deddy (2018) KOMUNIKASI PERSUASIF DUTA LINGKUNGAN HIDUP DALAM MENINGKATKAN GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN PADA PROGRAM BANK SAMPAH DI BANJARMASIN. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
14110094.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi persuasi yang selama ini dilakukan oleh duta lingkungan hidup Kota Banjarmasin dimana selama ini menjadi sosok yang peduli terhadap lingkungan. Sosoknya yang selalu memberikan pandangan tegas kepada lingkungan memberikan informasi dan edukasi kepedulian terhadap lingkungan dan mampu dikenal oleh masyarakat luas membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Penulis ingin melihat bagaimana sebenarnya komunikasi yang dilakukan oleh subjek dalam proses meningkatkan gaya hidup ramah linkugan pada program bank sampah di Banjarmasin. Sehingga nantinya akan ditemukan dampak atau manfaat dari komunikasi persuasif yang dilakukannya selama ini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif naratif yang merupakan salah satu pendekatan yang mengedepankan pada eksplorasi kehidupan individu. Pendekatan ini juga mengutamakan pada pengalaman duta lingakungan hidup kota banjarmasin yang diteliti. Data diambil berdasarkan proses wawancara dan observasi yang dilakukan penulis terhadap subjek utama. Dari pengambilan data yang diperoleh penulis menganalisis data dengan memilah data yang dibutuhkan untuk penelitian ini. Hasilnya, penulis memperoleh fakta menarik bahwa komunikasi menjadi bagian penting pada saat menjabat duta lingakungan hidup kota Banjarmasin. Selama menjabat menjadi duta lingakungan hidup kota Banjarmasin komunikasi persuasi menjadi modal utama dalam subjek menjabat sebagai duta terutama untuk mempengaruhi orang lain agar mau melaksanakan ide dan gagasan dari seorang duta. Selain itu juga menjalin hubungan dengan berbagai pihak dalam meningkatkan gaya hidup ramah lingkungan pada program bank sampah, sangat membutuhkan komunikasi persuasi yang baik. Model komunikasi yang selama ini dilakukan duta lingakungan hidup kota Banjarmasin adalah dengan menghargai orang lain dan mengakui “aku”nya orang lain. Hal inilah yang selama ini jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Dampak atau manfaatnya, subjek mampu membuat banyak orang lain senang ketika menjalin komunikasi dengan subjek, sehingga mau menjalankan idenya bersama dan mampu menjalin berbagai relasi yang bermanfaat bagi peningkatan gaya hidp ramah lingkungan. Kata Kunci : Komunikasi, Persuasif, Gaya Hidup Ramah Lingkungan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Feb 2019 05:50
Last Modified: 19 Feb 2019 05:50
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item View Item