KEUTAMAAN PRINSIP TARADHIN PADA PRAKTIK PENJUALAN (STUDI PADA BUSINESS CENTRE SMESA MART SMKN 1 BANJARMASIN

Puspita Sari, Mega (2018) KEUTAMAAN PRINSIP TARADHIN PADA PRAKTIK PENJUALAN (STUDI PADA BUSINESS CENTRE SMESA MART SMKN 1 BANJARMASIN. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
14510031.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

SMK Negeri 1 Banjarmasin adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang mempunyai fasilitas bisnis center dalam praktik mata pelajaran kewirausahaan. SMK Negeri 1 Banjarmasin terpilih untuk melakukan program pembelajaran kewirausahaan melalui unit produksi dan mendapatkan bantuan dana untuk menjalankan program pengadaan unit produksi berupa minimarket Business Centre “Smesa Mart”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan praktik penjualan di Business Centre “Smesa Mart” SMKN 1 Banjarmasin, 2) Keutamaan prinsip Taradhin dalam menunjang aktifitas praktik penjualan di Business Centre “Smesa Mart” SMKN 1 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah pustaka (library research) dan bersifat preskriptif, yaitu memberikan penilaian sesuai atau tidak transaksi praktik kewirausaahan di Business Centre Smesa Mart dengan prinsip An Taradhin Minkum. Berdasarkan hasil penelitian, ada dua prosedur pelaksanaan yang diterapkan Business Centre dalam praktik kewirausahaan, jika ditinjau dalam perspektif ekonomi syariah, prosedur pertama tergolong dalam transaksi samsarah/simsar dalam hal ini siswa sebagai simsar (makelar). Sedangkan prosedur kedua adalah transaksi Bai‟ Muthlaqah, namun secara prinsip aktifitas pada prosedur kedua ini dinilai mempunyai kecenderungan tidak sesuai dengan prinsip „An Taradhin Minkum karena belum terpenuhi asas Taradhin pada aktifitas jual beli yang dilakukan siswa. Solusi agar aktifitas praktik kewirausahaan tersebut berjalan sesuai dengan kaidah fiqh muamalah adalah dengan menerapkan prosedur pertama yaitu kedudukan siswa sebagai simsar (makelar) yang dinilai lebih efektif dan aman, selain itu proses pengembangan skill entrepreneurship siswa pun lebih terarah dan terasah dengan kerjasama dalam bentuk samsarah. Kata Kunci: Prinsip; Taradhin; Praktik; Penjualan; Kewirausahaan

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Islamic Studies > Department of Sharia Economics Law
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:44
Last Modified: 19 Feb 2019 04:44
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item