ANALISIS PENGARUH KUALITAS BUAH TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA PASAR MALAM BANJARBARU)

Adriani Sholihah, Indah (2018) ANALISIS PENGARUH KUALITAS BUAH TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA PASAR MALAM BANJARBARU). uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
14510025.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Mutu dan kesegaran buah-buahan sangat menentukan harga. Masalah ini berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Kesadaran akan kualitas tidak menjadi orientasi utama bagi keputusan konsumen membeli. Faktor yang sangat mempengaruhi perubahan harga adalah kualitas buah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengaruh Kualitas Buah terhadap Daya Beli Konsumen di pasar malam Banjarbaru dan Bagaimana implementasi peningkatan daya beli konsumen dan kualitas produk perspektif ekonomi syari’ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas buah terhadap daya beli konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang buah dan konsumen muslim di pasar malam Karangrejo, pasar malam Idaman Balitan, dan pasar kamis RO. Ulin Banjarbaru, namun sampel yang digunakan sebanyak 76 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun variabel yang diteliti meliputi kualitas buah sebagai variabel bebas dan daya beli sebagai variabel terikat. Data ini dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung variabel bebas adalah 5,59 untuk kualitas buah. Sedangkan nilai t tabel adalah 1,992 (t hiung> t tabel) artinya bahwa variabel kualitas berpengaruh secara signifikan terhadap daya beli konsumen. Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,297 atau 29,7%, yang artinya pengaruh variabel independen (kualitas buah) terhadap variabel dependen (daya beli) sebesar 0,297, ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel-variabel independen adalah sebesar 29,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Kata kunci: Kualitas; Daya Beli; dan Konsumen

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Islamic Studies > Department of Sharia Economics Law
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:44
Last Modified: 19 Feb 2019 04:44
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item View Item