PENGARUH PENERAPAN PEER ASSESMENT MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALZATION(TAI) PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 9 BANJARMASIN

Aryani, Siti and Apriani, Herlina and Akhyar, Okviyoandra (2018) PENGARUH PENERAPAN PEER ASSESMENT MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALZATION(TAI) PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 9 BANJARMASIN. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
14230023.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan masih rendah disebabkan pembelajaran hanya berpusat pada guru, sehingga siswa hanya pasif mendengarkan. Hal ini mengakibatkan siswa cenderung kurang aktif dan antusias dalam pembelajaran, serta kurang memiliki kemampuan untuk bekerjasama dalam kelompok tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peer assessment terhadap hasil belajar siswa melalui model Teams Assited Individuzation. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda 10 soal dengan 5 pilihan jawaban yang diujikan pada saat posttets. Pengujian hipotesis menggunakan uji mann whitney u. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan peer assessment melalui model team assisted individualzation terhadap hasil belajar. Kata Kunci : hasil belajar, kelarutan dan hasil kali kelarutan, peer assessment,dan team assisted individualzation

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:38
Last Modified: 19 Feb 2019 04:38
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item View Item