PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN

Salsa Khairiyah, Rifda (2018) PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
14230020.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan induktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Banjarmasin dengan menggunakan metode eksperimen yang melibatkan dua kelompok belajar yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan desain penelitian posttest only control group design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 sampel yang terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 23 siswa dan kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan lembar kerja siswa berbasis pendekatan induktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji hipotesis yang menggunakan uji mann-whitney. Hasil yang didapatkan adalah nilai sig sebesar 0,036, yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini dikarenakan nilai sig < 0,05. Kata kunci: LKS, Pendekatan Induktif, Kemampuan Berpikir Kritis, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:38
Last Modified: 19 Feb 2019 04:38
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item