PENGARUH PENERAPAN PEER ASSESSMENT MELALUI MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID DI MA RAUDHATUSYSYUBBAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Rudi, Rudi (2018) PENGARUH PENERAPAN PEER ASSESSMENT MELALUI MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID DI MA RAUDHATUSYSYUBBAN TAHUN AJARAN 2017/2018. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
14230017.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada di MA Raudhatussyuban adalah hasil belajar materi sistem koloid masih rendah serta pembelajaran yang masih konvensional sehingga menyebabkan siswa bosan, pasif dan kurang kreatif sehingga dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan peer assessment melalui mind mapping terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket KBK dengan 5 pernyataan yang diisi setiap pertemuan dan soal pilihan ganda 25 butir dengan 5 pilihan jawaban yang diujikan pada saat posttest. Pengujian hipotesis menggunakan uji mann whitney u. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan peer assessment melalui mind mapping terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar, peer assessment dan sistem koloid

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:37
Last Modified: 19 Feb 2019 04:37
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item