STUDI PERBANDINGAN MEDIA KARTU PINTAR DAN TRUTH AND DARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA NEGERI 1 ALALAK

Nuriah, Nuriah and Dony, Novrian and Taufiq Mashuri, Mohan (2018) STUDI PERBANDINGAN MEDIA KARTU PINTAR DAN TRUTH AND DARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA NEGERI 1 ALALAK. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
14230012.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Disekolah-sekolah yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional membuat kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran kimia dan hasil belajar yang kurang baik. Peneliti tertarik pada media kartu untuk digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakanadalahpenelitian quasi eksperimendenganpopulasikelas XI MIA di SMAN 1 Alalak dan sampel adalah kelas XI MIA 2 dan kelas XI MIA 3.Sampel pada penelitian ini yaitu dengan menerapkan media kartu pintar untuk kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II menggunakan media truth and dare. Analisa data yang digunakan yaitu nilai rata-rata postest, ujinormalitas, uji homogenitas, dan uji t. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen I adalah 79,79, sedangkan untuk kelas eksperimen II adalah 68. Kemudian dilakukan uji t dengan taraf signifikan (α=0,05), maka didapatkan nilai thitung sebesar 3,242 dan ttabel 2,008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan media kartu pintar dengan kelas yang menggunakan media truth and dare,pada kelas eksperimen I nilai rata-ratanya lebih baik dari nilai rata-rata kelas eksperimen II. Kata kunci: kartu pintar; truth and dare; hasil belajar; larutan penyangga

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:37
Last Modified: 19 Feb 2019 04:37
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item