Agustina Wulandari, Ika and Taufiq Mashuri, Mohan and Dony, Novrian (2018) PENGARUH MEDIA KOTAK KARTU MISTERIUS (KOKAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN. uniska. (Unpublished)
|
Text
14230005.pdf Download (415kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kotak kartu misterius (kokami) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment dan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan dengan tiga langkah yaitu: Pretest, Perlakuan, dan Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Mia 2 dan X Mia 3. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda dan foto. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney didapatkan Zhitung bernilai -1,05 dan Ztabel bernilai 1,96 pada taraf signifikan 5%. Jika Zhitung < -Ztabel maka H0 ditolak, ternyata -1,05 < -1,96 maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media kotak kartu misterius (kokami) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Kata Kunci: Media; Kotak Kartu Misterius; Hasil Belajar; Hukum-hukum Dasar Kimia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | Unnamed user with username wahid asisten wr 1 |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 04:36 |
Last Modified: | 19 Feb 2019 04:36 |
URI: | http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |