PENGARUH PENERAPAN MODEL CLASS-WIDE PEER TUTORING (CWPT) MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN JOEPARDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI IPA DI SMA KORPRI BANJARMASIN

Yael, Arnesti (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL CLASS-WIDE PEER TUTORING (CWPT) MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN JOEPARDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI IPA DI SMA KORPRI BANJARMASIN. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
14230004.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Metode penelitian yang digunakan ini yaitu untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang berbeda. Tujuan penelitian ini ada 3 yaitu : untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap hasil belajar menggunakan model class-wide peer tutoring, apakah ada pengaruh terhadap hasil belajar menggunakan permainan joepardy, dan untuk mengetahui apakah ada interaksi terhadap hasil belajar antara model class-wide peer tutoring menggunakan media permainan joepardy pada materi koloid. Penelitian ini dilakukan pada 2 kelompok yaitu satu sebagai kelas kontrol dan kedua sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA KORPRI Banjarmasin, populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA dengan jumlah 42 orang, dan untuk sampel dimana seluruh populasi merupakan sampel untuk teknik pengambilan sampel secara berurutan. Dari hasil penelitian, untuk uji validitas soal dengan SPSS versi 16 didapatkan sig < 0,05 dikatakan valid sebanyak 20 butir soal dari 30 butir soal, untuk uji reliabilitas soal mendapakan nilai 0,82. untuk uji taraf kesukaran dan daya pembeda butir soal, semua butir soal mempunyai kriteria baik untuk bahan penelitian sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji paramaterik yaitu uji friedman dan terdapat perbedaan yang signifikan yaitu diketahui sig 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak, H1 diterima. Hal ini membuktikan kebenaran hipotesis bahwa terdapat pengaruh model class-wide peer tutoring dan media permainan joepardy serta interaksi model class-wide peer tutoring dan media permainan joepardy membuktikan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: model pembelajaran class-wide peer tutoring; permainan joepardy; hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:36
Last Modified: 19 Feb 2019 04:36
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item