PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA SENYAWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 ALALAK

Saleha, Arpina (2018) PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA SENYAWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 ALALAK. uniska. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
13230030.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh media permainan ular tangga senyawa pada materi tata nama senyawa terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Alalak. Tujuan dari penelitian ini untuk megetahui apakah ada pengaruh media permainan ular tangga senyawa terhadap hasil belajar siswa. Peneliti tertarik dalam melakukan penelitian terhadap media permainan ular tangga senyawa pada materi tata nama senyawa karena masih belum ada yang melakukan penelitian tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh siswa X MIA dan sampel penelitian yang digunakan yaitu X MIA 2 dan X MIA 3, pada penelitian ini kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda yaitu X MIA 2 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan permainan media ular tangga senyawa, sedangkan X MIA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan media permainan ular tangga senyawa . Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji man whitney u, dan N-gain. Hasil penelitian yang didapatkan dari nilai rata-rata post-test kelas kontrol yaitu 67,42% dan kelas eksperimen yaitu 77,32%. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nila rata-rata kelas kontrol. Dengan demikian besarnya pengaruh peningkatan media permainan ular tangga senyawa terhadap hasil belajar siswa sebesar 14,68%. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media permainan ular tangga senyawa pada materi tata nama senyawa terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Alalak. KATA KUNCI : Media ular tangga senyawa, tata nama senyawa, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Teacher Training and Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Unnamed user with username wahid asisten wr 1
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:36
Last Modified: 19 Feb 2019 04:36
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item