PERSEPSI DAN REAKSI KONSUMEN TERHADAP PEMBERLAKUAN PELARANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK SEBAGAI KEMASAN PADA PUSAT PERBELANJAAN MODERN (STUDI KONSUMEN DI LINGKUNGAN UNISKA MAB BANJARMASIN)

Prihatini Ade Mayvita, Hj Erni Alfisah (2017) PERSEPSI DAN REAKSI KONSUMEN TERHADAP PEMBERLAKUAN PELARANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK SEBAGAI KEMASAN PADA PUSAT PERBELANJAAN MODERN (STUDI KONSUMEN DI LINGKUNGAN UNISKA MAB BANJARMASIN). Prosiding Hasil Penelitian Dosen Uniska Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen, 3 (1). pp. 527-537.

[img]
Preview
Text
Artikel Ekonomi (Prihatini Ade M_Hj Erni A (2017)pdf.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) mengetahui persepsi masyarakat sebelum dan sesudah adanya pemberlakukan kantong plastik berbayar (2) mengetahui reaksi masyarakat dengan adanya pemberlakuan plastik berbayar. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen ritel pusat perbelanjaan modern studi konsumen di lingkungan Uniska MAB Banjarmasin dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportionate stratified random sampling menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji instrument (validitas dan reliabilitas), statistic deskriptif dan uji hipotesis Uji Kruskall-Wallis, Uji Paired samples t Test dan Uji Sperman dan Kendall. Hasil penelitian untuk uji analisis reaksi konsumen setelah adanya larangan penggunaan kantong plastik sebagai kemasan di pusat perbelanjaan modern dengan nilai 0,860 menunjukkan hasil identik atau tidak berbeda secara signifikan. Hasil uji anasis persepsi konsumen sebelum dan sesudah adanya pelarangan pemberian kantong plastik dengan nilai uji 0,001 mengandung arti bahwa persepsi konsumen sebelum dan sesudah perlakuan adalah berbeda secara signifikan. Sedangkan hasil uji untuk reaksi dan persepsi konsumen tentang pelarangan pemberian kantong plastik sebagai kemasan dengan nilai 0,111 mengandung arti bahwa tidak terdapat hubungan antara reaksi dan persepsi tersebut. disimpulkan bahwa konsumen dapat menerima kebijakan pemerintah tentang pelarangan pemberian kantong plastik di pusat perbelanjaan modern, namun konsumen sebagian masih belum menerima apabila pihak ritel (pusat perbelanjaan) tidak menyediakan kemasan untuk membawa barang belanja mereka. Kata Kunci : Persepsi, Reaksi, Kantong Plastik The purpose of this study is (1) determine the public perception before and after the imposition of plastic bags is paid (2) know the public reaction to the imposition of paid plastic. The population in this study is the consumer retail shopping centers in the modern consumer studies Uniska MAB Banjarmasin sampling technique using proportionate stratified random sampling method using the formula Slovin. Methods of data collection using questionnaires or questionnaires. Methods of data analysis using a test instrument (validity and reliability), descriptive statistics and hypothesis testing Kruskal-Wallis test, Test Paired samples t test and Spearman and Kendall Test. The results of the research to test consumer reaction analysis after the ban on the use of plastic bags as packaging in modern shopping centers with a value of 0.860 indicates the result of identical or do not differ significantly. The test results anasis consumer perceptions before and after the ban on the provision of plastic bags with the test value of 0.001 means that consumer perceptions before and after treatment is significantly different. While test results for the reactions and perceptions of consumers about the prohibition of the provision of plastic bags as packaging with a value of 0.111 means that there is no relationship between the reaction and perception. It can be concluded that the consumer can accept the government's policy on the prohibition of the provision of plastic bags in a modern shopping center, but most consumers still not received when the retail (shopping center) does not provide packaging to carry their shopping. Keywords: Perception, Reaction, Plastic Bags

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Undergraduate Theses > Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Unnamed user with email admin@repository.uniska-bjm.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2017 08:55
Last Modified: 20 Nov 2017 02:20
URI: http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item View Item